Luluk Maslukhah

Untuk bisa menulis buku hanya ada 3 kata kunci: menulis, menulis dan menulis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Asyik berekperimen dengan small scale chemistry  (bagian 1)

Asyik berekperimen dengan small scale chemistry (bagian 1)

 

 

Oleh: Luluk Maslukhah, S.Si., M.Pd. 

(Guru Kimia SMK Negeri 3 Bondowoso)

 

Tantangan hari ke-9

#TantanganGurusiana 

 

                Sangat disadari bahwa small scale chemistry experiment banyak memudahkan kita. Penggunaan bahan kimia dalam jumlah kecil, alat-alat sederhana berbahan plastik semakin meyakinkan bahwa eksperimen kimia itu mudah dilakukan, murah, sekaligus ramah lingkungan. Namun masalah muncul saat eksprimen melibatkan pemanasan. Bisa dibayangkan, alat-alat gelas berbahan plastik akan langsung lumer akibat pemanasan. Tujuan eksperimen tentu saja tidak tercapai. 

                Jangan khawatir, kita tetap dapat melaksanakan eksperimen ini dengan menyiapkan air panas sebagai sumber panasnya. Atau bisa juga menggunakan panas dari dupa. Bukan api atau pemanas listrik. Dengan begitu eksperimen tetap dapat dilaksanakan dengan baik sekaligus aman. Kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja akibat pemanasan dapat diminimalkan.

                Masalah lain terjadi saat eksperimen menggunakan pelarut organik dan asam pekat. Beberapa jenis pelarut organik maupun asam pekat dapat melarutkan plastik, contohnya aseton dan asam sulfat pekat. Nah kalau sudah begini mana bisa bereksperimen dapat dilanjutkan. Ya nggak?.   Lalu solusinya bagaimana? tunggu jawabannya di epidose berikutnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan yang membuat penasaran, sehingga kepo dengan tulisan berikutnya. Sukses selalu Bu Luluk.

23 Jan
Balas

Aamiin. trmksh b Marlina.

23 Jan

Bu tulusan yang kerennya gak habishabis..selamat ya bu

23 Jan
Balas



search

New Post